Senin, 29 Desember 2014

PEWARNA ALAMI UNTUK MAKANAN


Kue tiga lapis, bolu pandan, atau kue ku bisa menggugah selera dengan warna-warni yang beraneka. Selain menggunakan perwarna makanan buatan pabrik, ternyata ada juga pewarna makan yang terbuat dari bahan-bahan alami. Diantaranya:

1.       Keluak
 
Kulitnya keras berwarna abu-abu, sedangkan daging buahnya lunak cokelat kehitaman. Keluak memberikan warna hitam kecokelatan dan rasa gurih pada masakan rawon dan brongkos. Agar tidak berasa pahit, pilih keluak yang tua dan bila digoyangkan akan terdengar bunyi.

2.       Kunyit
Kulitnya beralur-alur dan tipis. Dagingnya berwarna kuning dan rasanya agak pahit. Biasa digunakan untuk nasi atau ketan kuning, gulai, dan bumbu kari. Pilih kunyit yang tua, berumbi besar, dan mulus kulitnya. Kupas kunyit, parut, beri sedikit air, dan peras.

3.       Bit
Bentuknya bulat, berkulit cokelat kemerahan, di ujung atasnya tumbuh tangkai daun berwarna ungu kehijauan dan dagingnya berwarna merah. Selain digunakan untuk campuran salad, bit juga dipakai untuk perwarna merah pada masakan dan jue. Kupas kulit, potong-potong, proses halus dalam blender dengan tambahan sedikit air, saring.

4.       Daun suji
Berkas:Suji.jpg
Bentuk daunnya panjang, berujung lancip, permukaannya licin dan berwarna hijau. Biasa digunakan untuk pewarna hijau pada berabgai masakan dan kue. Cuci bersih daun suji, tumbuk halus dan peras. Supaya lebih harum bisa dicampur dengan daun pandan.

5.       Air merang
Air merang berwarna hitam dan sering digunakan untuk pewarna lapis jongkong dan bubur suro khas Madura. Bakar merang kering hingga menjadi abu, campur sedikit air, aduk rata, endapkan hingga menjadi hitam jernih.

6.       Bunga telang
 
Kelopak bunganya berwarna biru keunguan. Digunakan sebagai perwarna biru untuk kue. Cuci bersih, remas-remas dengan air, dan saring.

7.       Biji kesumba

Kulit buahnya berwarna merah, berbulu kasar dan bila kulit dibelah akan terdapat kumpulan biji kecil berwarna merah tua. Digunakan untuk perwarna merah pada masakan dan kue tradisional. Untuk mewarnai ketan dan nasi, tumis biji dengan sedikit minyak hingga minyak kemerahan, sisihkan biji, campur bahan lain. Cara lain, rendam biji kesumba dalam sedikit air hangat, remas-remas hingga air berubah warna.

8.       Kayu secang

Berasal dari batang pohon secang yang diserut tipis. Berwarna cokelat muda kemerahan. Rasanya manis dan legit. Sering digunakan untuk membuat wedang dan setup buah. Rebus kayu secang bersama air hingga berubah warna, saring.


Sumber gambar: Wikipedia; indomart.ca; wolipop.detik.com; recipes.wikia.com; khasiatherba.com; indonesiaeats.com; en.wikipedia.org; food.detik.com