Minggu, 28 Agustus 2016

Apa itu CUKA MASAK

Cuka masak dipakai untuk memberi rasa asam dan aroma khas pada masakan. Misalnya acar, saus pencelup, atau saus selada, disamping bisa mengawetkan makanan. Karena mengandung asam, sewaktu mengaduk cuka menggunakan pengaduk dari kayu, plastik, atau stainless steel agar tidak luntur. Pakai secukupnya dan langsung tutup rapat botolnya agar aroma dan mutunya terjaga.

Jenis cuka masak beragam tergantung kebutuhan, di antaranya;

1.     Cuka beras (rice vinegar) : Dibuat dari beras yang difermentasikan. Ada dua jenis yaitu cuka beras Jepang dan cuka beras Cina. Cuka beras Jepang digunakan untuk saus celup dalam masakan sushi. Cuka beras Cina terdiri dari cuka beras putih yang digunakan untuk masakan asam manis, cuka beras merah untuk saus celup, dan cuka beras hitam yang dipakai untuk penambah rasa pada hidangan sebagai pemancing selera santap.
2.     Cuka anggur (wine vinegar) : Dibuat dari fermentasi minuman anggur merah (red wine vinegar) atau minuman anggur putih (white wine vinegar). Digunakan untuk saus selada, bumbu perendam, dan saus untuk hidangan steak.
3.     Cuka apel (cider vinegar)  : Dibuat dari fermentasi sari buah apel, mempunyai aroma buah apel, dan rasanya perpaduan manis dan asam. Digunakan untuk saus selada, perendam makanan, atau sebagai pengganti cuka beras.
4.     Cuka balsamic (balsamic vinegar) : Dibuat dari air buah anggur yang difermentasikan di wadah kayu selama lebih dari 10 tahun. Rasa dan aromanya begitu istimewa. Dipakai sebagai saus selada atau saus hidangan pesta.
5.     Cuka aren : Cuka yang dibuat dari fermentasi air enau. Berwarna putih keruh dengan rasa asam yang pekat. Dipakai untuk saus selada, asinan Jakarta, atau saus empek-empek.