Sabtu, 04 Oktober 2014

Membuat & Menyimpan BUMBU SIAP PAKAI


Anda ingin memasak lebih praktis? Cobalah membuat bumbu masak siap pakai dalam jumlah cukup untuk beberapa hari. Beberapa hal yang perlu diketahui yaitu:

Jenisnya:
Ada 2 macam bumbu dasar: bumbu dasar kuning dan bumbu dasar merah. Bumbu dasar kuning banyak digunakan untuk hidangan kari, gulai, dan pesmol; sedangkan bumbu dasar merah untuk masakan rica-rica, balado hingga sambal goreng.

CARA MEMBUAT
Bumbu Dasar Merah:
-      Haluskan cabai merah, bawang merah, bawang putih, merica butiran sangrai, tomat merah, terasi goreng, gula merah, dan garam.
-      Tumis hingga matang dan berminyak.

Bumbu Dasar Kuning:
-      Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri sangria, merica butiran sangria, ketumbar sangrai, kunyit, jahe, garam, dan serai serta daun salam,
-      Tumis hingga matang dan berminyak, buang serai dan daun salam.

CARA MENYIMPAN
-      Siapkan botol-botol bekas selai yang telah dicuci bersih. Masak dalam air mendidih, tiriskan di atas serbet bersih. Masukkan bumbu halus yang telah ditumis dan dingin ke dalam botol, tutup rapat.
-      Jika perlu, masak kembali botol berisi bumbu dalam air mendidih. Keringkan.
-      Tempelkan tanda pengenal pada setiap botol bumbu  dengan huruf besar dan jelas.


Bumbu ini dapat bertahan 1 minggu atau lebih, terlebih jika disimpan dalam lemari pendingin. Ditanggung sehat dan bersih karena dibuat dari bahan berkualitas yang telah Anda pilih sendiri. Dengan modal 2 macam bumbu dasar, Anda dapat berkreasi dan menghasilkan aneka masakan favorit keluarga J