Sabtu, 04 Oktober 2014

Merawat PINGGAN ANTI PANAS

Mempunyai 1 set peranti pinggan anti panas tentunya sangat membanggakan. Karena pinggan iru sangat banyak variasinya, dan harganya pun sangat mahal. Maka harus berhati-hati merawatnya. Pinggan itu bisa digunakan untuk memasak, memanaskan makanan, menyimpan makanan dalam lemari pembeku, bahkan cantik juga bila langsung dihidangkan di meja makan.

Biasanya masalah yang sering terjadi pada pinggan yang tahan dipakai dalam microwave dan oven tersebut adalah adanya goresan-goresan sehingga pinggan tidak cantik lagi, atau makanan sering lengket pada pinggan, dan adanya bercak hitam yang tidak bisa dihilangkan sehabis pinggan dipakai untuk memanggang. Untuk mencegah itu semua, sebaiknya ikuti langkah berikut:

- Cuci pinggan dengan air hangat yang sudah dibubuhi sabun. Lumuri semua bagiannya, jangan sampai ada yang terlewat. Bilas dengan air bersih, keringkan dengan lap kain. Simpan dalam wadahnya semula.
- Hindari mencuci dengan spons yang kasar atau bubuk pencuci piring berbutir kasar dan  keras, karena akan merusak lapisan permukaan pinggan tahan panas.
- Untuk noda-noda yang sulit dihilangkan. Sebaiknya gunakan sabun cuci berbentuk krim karena sifatnya lebih lembut tapi mampu mengangkat kotoran yang membandel.
- Bila memanggang dalam oven atau  microwave, usahakan agar selalu member alas berupa loyang agar pinggan tidak bersentuhan langsung dengan besi bara panas. Tujuannya agar tidak terbentuk noda hitam sisa pembakaran yang sulit dihilangkan pada pinggan.
- Jangan membilas pinggan panas langsung dengan air dingin karena akibat perubahan suhu yang mendadak, kemungkinan pinggan dapat retak.



Sumber gambar: http://www.worldkitchen.com/en/corningware/