Rabu, 01 Oktober 2014

Ragam MIE ASIA


Cellophane Vermicelli
Terbuat dari pati kacang hijau dan di Indonesia dikenal sebagai sun. warnanya bening dan transparan dengan tekstur sedikit kenyal. Rendam terlebih dahulu dalam air panas selama 10-15 menit sebelum digunakan. Selain ditumis atau untuk sup, dapat juga sebagai pelengkap masakan seperti soto.

Cellophane Noodle
Terbuat dari tepung kacang hijau dengan bentuk yang lebih lebar dan pipih disbanding sun. biasa disebut sebagai kwetiau. Selain yang kering ada juga kwetiau basah. Rendam dalam air panas selama 15 menit kemudian olah menjadi kwetiau ayam atau kwetiau goreng.

Ribbon Egg Noodle
Mi yang sangat popular di Cina dan terbuat dari tepung gandum. Bentuknya pipih seperti pita. Rebus dahulu dalam air mendidih hingga lunak dan dapat diolah menjadi ,I ayam jamur atau mi goreng bakso.

Somen
Mi Jepang yang juga terbuat dari tepung gandum. Warnanya putih keruh dan panjang seperti spaghetti. Tersedia dalam bentuk kering. Rebus dahulu hingga lunak baru olah menjadi sup atau salad.

Soba
Mi khas Jepang yang terbuat dari buckwheat (tepung gandum). Bentuknya persegi dan pipih. Warnanya bermaca-macam, yaitu hijau (bercitarasa teh hijau) dan paling terkenal disebut cha soba; kuning (rasa jeruk lemon, atau hitam (biji wijen hitam). Dapat langsung diolah menjadi sup tanpa perlu direndam air dahulu. Bila tidak ada dapat diganti dengan udon.


Sumber gambar: foodsub.com, food.detik.com, donnafales.com, caloriecount.about.com, foodwhirl.com