Kamis, 18 September 2014

COKELAT, Makin Pekat Makin Berkhasiat


Jangan terburu merasa bersalah jika Anda menyambut tawaran sepotong cokelat dari teman. Cokelat sering dituduh sebagai ‘pengganggu’ program diet. Padahal, dalam sepotong cokelat terdapat unsur gizi yang cukup bermanfaat!


COKELAT BITTERSWEET
Adalah jenis cokelat terbaik untuk kesehatan jantung Anda, bukan hanya karena dapat memancing munculnya rasa bahagia, tetapi juga mengandung unsur antioksidan, yang disebut phenol yang terdapat pada biji cokelat (cocoa). Zat phenol ini dapat mencegah pengerasan arteri, juga mencegah serangan jantung dan kemungkinan stroke. Semakin pekat cokelat, semakin bagus khasiatnya, karena mengandung lebih banyak cocoa.

COKELAT SUSU (MILK CHOCOLATE)
Kandungan cocoanya lebih sedikit karena cokelat jenis ini telah dicampur dengan susu dan gula. Tak heran kalau cokelat susu lebih banyak mengandung lemak. Tak perlu risau membaca kandungan lemak jenuh yang biasanya tertera dalam label, karena hal itu tidak akan mempertinggi angka kolesterol Anda.

COKELAT PUTIH

Sebenarnya, cokelat putih bukan merupakan ‘cokelat’ dalam arti sebenarnya, karena tidak mempunyai kandungan cocoa sama sekali. Jadi, khasiat dua jenis cokelat di atas tidak berlaku untuk cokelat putih.