Minggu, 14 September 2014

Istilah bumbu dari DAPUR JEPANG dan ASIA lainnya

 
Dashi
Kaldu khas Jepang, yang terbuat air yang direbus dengan konbu, bonito, dan rumput laut. Tersedia dalam bentuk instan.
 
Daun Shiso
Tergolong dalam keluarga daun mint dan basil tetapi aromanya sangat berbeda. Bentuknya bergerigi, berwarna hijau dan tipis. Jika tidak ada dapat diganti dengan daun bayam.
 
Ghee
Merupakan mentega cair yang bening. Dikenal dengan sebutan clarified butter. Bias didapat di pasar swalayan dalam kemasan kaleng. Dapat pula dibuat sendiri dengan cara melelehkan mentega. Dinginkan hingga lapisan yang keruh ada di bawah dan lapisan kuning bening ada di permukaan. Lapisan bening inilah yang disebut ghee. Tuangkan lapisan bening ke dalam mangkuk dan biarkan beku.
 
Konbu
Sejenis rumput laut yang dikeringkan. Bentuknya panjang dan berupa lembaran, berwarna hijau kehitaman. Biasa dipakai untuk membuat dashi. Dijual dalam bentuk kering dalam kemasan plastik.
 
Mango chutney
Acar mangga yang sering dipakai dalam masakan India. Terbuat dari campuran mangga dan rempah-rempah.
 
Mirin 
Arak manis yang terbuat dari beras. Mengandung alkohol 14%. Dapat diganti dengan sherry.
 
Miso
Hasil fermentasi dari kacang kedelai ditambah garam dan air. Memiliki aroma yang khas. Bentuknya seperti tauco halus. Biasa digunakan untuk sop atau sebagai penambah citarasa dalam masakan Jepang. Terdapat dua jenis miso, yaitu merah dan putih.biasa dikemas dalam wadah plastik.
 
Nuoc Cham
Saus ikan yang biasanya terbuat dari jenis ikan anchovy atau mackerel yang difermentasikan dengan garam. Digunakan dalam jumlah sedikit sebagai penambah rasa. Tersedia dalam bentuk botolan. 
 
Plum Sauce
Saus khas Cina yang terbuat dari apel, plum, apricot, kecap, gula pasir, cuka, dan cabai. Warnanya cokelat kemerahan, kental, dan bercitarasa asam segar. Dijual dalam kemasan botol.
 
Sake
Salah satu bumbu yang biasa dipakai dalam masakan Jepang yang merupakan hasil peragian beras. 
 
Saus Cabai Thailand (Sriracha Sauce)
Saus cabai yang dibubuhi bawang putih, air jeruk dan gula. Citarasanya manis pedas dan dijual dalam kemasan siap pakai. Biasa dipakai sebagai pelengkap sajian hidangan laut.
 
Saus Hoisin
Saus yang terbuat dari kecap, bumbu ngo hiong dan cabai bubuk. Biasa dipakai dalam hidangan Asia atau Cina, untuk merendam daging sapi atau ayam, atau untuk olesan. Warnanya cokelat tua, kental, dan dijual dalam kemasan botol siap pakai.
 
Shirataki
Mi khas Jepang berwarna transparan. Terbuat dari pati akar tumbuhan. Tersedia dalam bentuk bulatan-bulatan kecil dalam keadaan kering atau basah, siap pakai dalam kemasan plastik.
 
Tangkue
Manisan labu air yang bentuknya potongan panjang, kering, dan berwarna putih.
 
Tausi
Adalah fermentasi dari kacang hitam rebus yang dibumbui garam dan gula pasir. Diolah lalu disimpan dalam tempat tertutup. Setelah masa fermentasi bisa digunakan untuk penyedap masakan.