Senin, 22 September 2014

10 Gaya Sajian TELUR a la Hotel


Sajian dari telur merupakan hidangan yang praktis membuatnya, tak heran kalau sajian telur menjadi pilihan favorit. Ada sepuluh gaya sajian dari telur a la hotel yang populer:


1.           Soft Boiled Egg yaitu telur yang direbus selama 2-4 menit dalam air mendidih. Kuning telurnya masih berupa cairan, dan putih telurnya masih lunak. Biasanya dimakan bersama garam dan merica.
2.          Medium Boiled Egg atau sering disebut dengan telur setengah matang, yaitu telur yang direbus selama 5-6 menit dalam air mendidih. Kuning telurnya berupa cairan yang agak kental dan putih telurnya sudah mengeras. Dimakan dengan tambahan garam dan merica, atau jika suka tambahkan kecap atau madu.
3.          Hard Boiled Egg yaitu telur yang direbus selama 8-10 menit dalam air mendidih. Kuning dan putih telurnya sudah mengeras.


4.           Stuffed Egg yaitu telur isi. Telur rebus dipotong membujur atau melintang. Kuning telur dipisahkan dari putih telur, lalu kuning telur dilumatkan bersama sayuran seperti kacang polong beku, jagung manis pipilan rebus yang sudah dicincang. Kuning telur yang dilumatkan bersama sayuran diletakkan kembali ke dalam putih telurnya.
5.           Benedict Egg yaitu telur rebus yang dipotong melintang tipis dan disajikan di atas roti bakar berisi daging asap yang diiris tipis, saus (bisa saus mustard atau saus béchamel; saus dari susu), jamur kaleng yang ditumis dan diiris tipis.

       
stuffed eggs                                benedict eggs

6.           Poached Egg yaitu telur ‘ceplok’ yang dimasak selama 4-5 menit di penggorengan dengan air mendidih dicampur cuka sebagai pengganti minyak. Kuning telurnya dijaga agar tetap lembut.


7.           Moulded Egg yaitu telur yang dipecahkan ke dalam cetakan yang dilumuri mentega. Disajikan di atas roti bakar.


8.           Fried Egg atau Sunny Side Up yaitu telur yang digoreng dengan minyak, mentega, atau margarine. Disebut juga telur mata sapi.


9.           Scrambled Egg yaitu telur dadar yang dimasak dengan cara diaduk acak, sehingga bentuknya tidak beraturan berupa butiran-butiran kecil. Telur dicampur susu, garam, dan meroca sebelum digoreng.
10.        Omelette yaitu telur dadar isi. Telur dikocok dengan susu, garam, dan merica, lalu goreng. Disebut telur dadar isi karena sering dicampur dengan sayuran seperti kacang polong beku, jagung manis pipilan, jamur kaleng yang diiris tipis, daging asap yang diiris tipis, dan ditambah keju parut, atau keju bubuk.
          

scrambled egg                                             omelette