Sabtu, 27 September 2014

TIPS dan TRIK Agar CAKE SUKSES!


Kualitas cake sangat dipengaruhi okeh teknik pembuatannya. Walaupun bahan-bahan yang dipergunakan sama, namun teknik yang berbeda memberikan hasil yang berbeda pula. Ada beberapa kemungkinan yang dapat menjelaskan mengapa cake Anda tidak secantik buatan took.

Cake Bantat
1.       Bahan cair yang digunakan lebih banyak daripada bahan kering sehingga adonan menjadi terlalu encer.
2.       Jumlah bahan pengembang seperti baking powder, dan soda kue yang digunakan tidak sesuai. Akibatnya, cake tidak dapat mengembang.
3.       Proses pengocokan awal kurang sempurna sehingga udara tidak dapat terperangkap dengan baik dalam adonan. Contohnya, kocok telur dan gula hingga warnanya menjadi putih dan gula larut, baru masukkan bahan-bahan lainnya.
4.       Cara pengadukan yang salah atau berlebihan pada saat penambahan tepung. Lakukan pengadukan menggunakan sedok kayu secara searah dan tidak terlalu lama. Jika memakai mixer, pasang pada kecepatan rendah sambil kocok searah.

Cake Beremah & Kering
1.       Adanya penambahan bahan pengembang yang berlebihan sehingga udara terperangkap terlalu banyak dan cake menjadi beremah.
2.       Suhu oven yang kurang panas, sehingga cake harus berada di dalam oven terlalu lama. Panaskan dulu oven pada suhu yang diinginkan baru masukkan cake.

Cake ‘Turun’ di Bagian Tengah
1.       Pengocokan yang berlebihan yang menyebabkan adonan terlalu encer sehingga menghancurkan udara yang telah terperangkap dalam adonan.
2.       Penambahan bahan pengembang yang berlebihan.
3.       Suhu oven yang tidak tepat, kurang panas atau justru terlalu panas.
4.       Cake kurang matang. Cara mnegeceknya: tusukkan lidi di bagian tengah cake, jika adonan tidak menempel pada lidi berarti cake sudah matang.

Cake Retak atau Pecah
1.       Suhu oven yang terlalu panas.
2.       Cake diletakkan di rak paling atas oven yang membuat permukaan cake terlalu panas. Taruh cake pada rak bagian tengah sehingga mendapat panas yang merata.
3.       Loyang yang dipakai terlalu kecil sehingga isi loyang menjadi terlalu penuh.