Rabu, 24 September 2014

Aneka Jenis PISANG

PISANG AMBON
Buahnya besar dengan panjang 15-20 cm, diameter daging 3,5-4 cm. kulitnya halus dan akan berubah warna menjadi kuning jika matang pada suhu kamar. Daging buah berwarna agak krem, mempunyai kekerasan sedang, berbau harum, dan rasanya manis. Karena aromanya yang menarik dan hasil panennya tinggi, pisang ini merupakan pisang yang favorit diperdagangkan. Satu tandan pisang ambon memiliki berat 15-25 kg, terdiri dari 10-14 sisir. Satu sisir berisi 14-24 buah.

Pisang ambon lumut
Warna kulitnya hijau sampai hijau kekuningan (bila matang). Daging buahnya berwarna lebih putih, lebih kecil, dan lebih manis dibanding pisang ambon. Panjang buah 15-20 cm, diameter daging buahnya 3-3,5 cm. aromanya mirip dengan pisang ambon. Satu sisir berisi 14-20 buag dan satu tandan pisang berisi 8-12 sisir dengan berat 15-18 kg

Pisang raja sereh
Merupakan jenis pisang meja yang populer di Indonesia, Filipina, dan Malaysia. Buahnya berukuran kecil sampai sedang. Panjang buah 10-15 cm, dengan garis tengah 3-4 cm. kulit buahnya tipis, berwarna kuning sampai coklat dan berbintik-bintik gelap jika telah matang penuh. Daging buahnya lunak, berwarna putih, rasanya manis agak asam, dan aromanya tidak terlalu tajam. Satu tandan beratnya 10-14 kg, berisi 5-9 sisir. Setiap sisir berisi 12-16 buah.

Pisang raja bulu
Buahnya berukuran besar, dengan panjang 15-20 cm, diameter 3,4-4,5 cm. kulitnya tebal dan kasar, akan berwaran kuning jika matang. Daging buahnya berwarna krem kekuningan, agak berbulu (permukaan daging buahnya tidak mulus). Mungkin karena itulah pisang ini mempunyai embel-embel ‘bulu’. Rasanya legit dan sangat manis. Satu tandan memiliki berat 12-16 kg, dengan 6-9 sisir. Tiap sisir berisi 14-16 buah. Merskipun tergolong pisang meja, pisang ini juga lezat dibuat pisang goreng (tambahkan keju!), atau dikolak.

Pisang emas
Buahnya kecil dengan panjang 8-12 cm, diameter 3-4 cm, kulitnya tipis dan akan berwarna kuning keemasan jika matang. Daging buahnya harum, bertekstur halus, berwarna kuning terang, dan rasanya sangat manis. Satu tandan pisang memiliki berat 8-12 kg, berisi 5-9 sisir, setiap sisir berisi 14-18 buah. Pisang ini cocok untuk dimakan segar maupun digoreng untuk dijadikan dessert a la Barat.

Pisang kepok
Buahnya gendut, berkulit tebal, berwarna hijau ketika mentah dan akan menjadi kuning pucat jika sudah matang. Panjang buah 10-15 cm dengan diameter 3,4-4,5 cm. Daging buahnya berwarna krem dan bertekstur halus. Walaupun buahnya manis jika dimakan segar, umumnya pisang kepok disantap setelah direbus atau dikukus. Berat satu tandan 14-22 kg, dengan 10-16 sisir, dan tiap sisir berisi 12-20 buah.

Pisang tanduk
Pisang ini mudah dikenali karena ukurannya jauh lebih besar disbanding pisang-pisang lainnya, dan ujung pisang meruncing seperti tanduk. Panjang buahnya 30-40 cm, dengan diameter daging buah 4-5 cm. Kulit buahnya berwarna kuning kecoklatan dan berbinti-bintik coklat ketika buah matang. Daging buahnya berwarna krem kekuningan, rasanya asam manis. Pisang ini enak untuk direbus, dibuat kolak, atau dibuat kue pisang.

Pisang siam
Sekilas pisang ini mirip pisang kepok. Sama-sama berbentuk agak gendut, hanya saja pisang siam lebih pendek dari pisang kepok. Kulitnya berwarna hijau dan akan menjadi hijau kekuningan setelah matang. Dagingnya berwarna putih, pulen bila digigit, rasanya manis agak asam segar. Pisang ini memiliki biji sebesar buah lada berwarna hitam. Meski terkadang digunakan sebagai makanan burung, pisang ini tetap nikmat disantap segar setelah matang. Namun, biasanya pisang ini disantap setelah dikukus.