Minggu, 21 September 2014

LAIN COKELAT LAIN JENISNYA


Aneka jenis cokelat banyak beredar di pasaran. Toiap jenis mempunyai kegunaan serta rasa tersendiri dan tidak semua jenis cokelat dapat digunakan untuk memasak. Agar tidak terjebak, ikuti tips berikut:

 
COKELAT BUBUK (Cocoa Powder)
Berbentuk bubuk serta menghasilkan rasa cokelat yang pekat pada kue, atau minuman. Harganya tidak terlalu mahal dan mudah diperoleh.
 
COKELAT PUTIH (White Chocolate)
Terbuat dari campuran mentega cokelat, susu, gula, dan tidak mengandung cokelat sama sekali. Jarang dipergunakan untuk membuat kue karena aromanya kurang kuat tetapi karena teksturnya yang lebih banyak mengandung krim, cokelat outih tepat digunakan untuk membuat mousse.
 
COKELAT MASAK (Cooking Chocolate)
Adalah cokelat yang dipakai untuk membuat kue. Berwarna lebih gelap dibandingkan dengan jenis cokelat untuk dimakan, kualitas cokelat ini tergantung dari banyaknya buah cokelat yang digunakan, makin banyak buah cokelatnya maka makin baik kualitas cokelatnya.
 
COKELAT KEPING (Chocolate chips)
Cocok digunakan unruk hiasan kue. Tersedia untuk jenis cokelat pekat atau cokelat susu sera dalam berbagai tingkat kepekatan rasa, mulai dari yang pahit, sedang, hingga manis. Bentuknya tetap utuh karena tidak leleh saat dipanggang.
 
COKELAT SUSU (Milk Chocolate)
Bertekstur halus dan rasanya paling manis di antara jenis cokelat lainnya, selain untuk langsung dimakan, cokelat ini juga dapat digunakan untuk memasak, pembuatan candy bars banyak menggunakan cokelat jenis ini.
 
BITTER CHOCOLATE (Baker’s Chocolate)
Adalah cokelat yang khusus dipakai untuk membuat kue. Tidak ada rasa manis sama sekali dan jarang ada di pasaran.
 
COKELAT BERAS (Chocolate Rice)
Cokelat kesukaan anak-anak dan dipakai dengan menaburkan di atas cake atau roti beroles mentega. Yang digunakan urnuk membuat cokelat ini adalah jenis cokelat susu.
 
CHOCOLATE BUTTONS
Berbentuk seperti kancing, selain digunakan untuk hiasan, cokelat ini dapat juga dilelehkan. Tersedia dalam jenis jenis cokelat susu dan cokelat putih.